Gasshuku & Ujian Kenaikan Tingkat LEMKARI Ranting Nakupia Cabang Maluku Tengah Semester Ganjil Tahun 2017

Tanggal 27-28 Mei 2017 telah dilaksanakan Gasshuku dan Ujian Kenaikan Tingkat Lemkari Ranting Nakupia, Tone Tanah dan SMP Negeri 2 TNS Cabang Lemkari Kabupaten Maluku Tengah,  bertempat di Negeri Nakupia, Kecamatan TNS. diikuti sekitar 87 karateka, dan dibimbing langsung oleh Sensei dan para Sempai Lemkari Maluku Tengah.

Hari Sabtu 27 Mei 2017 Kegiatan Gasshuku / latihan bersama (penyeragaman teknik) dimulai pukul 14.00 WIT (jam 2 siang) dengan berlari dari SMP Negeri 2 TNS menuju Negeri Nakupia menempuh jarak ±2 KM. Setelah tiba di Negeri Nakupia, dilakukan Tradisi Sumpah Karate dilanjutkan dengan latihan fisik dan penyeragaman teknik dari pukul 15.30 – 18.30. Setelah itu para peserta mandi, makan bersama dan istirahat di Balai Negeri Nakupia.

Hari Minggu, 28 Mei 2017 setelah selesai mengikuti Ibadah Minggu di Gereja Nakupia, para peserta menyiapkan diri untuk mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat.

Sebanyak 87 karateka Lemkari Ranting Nakupia, Tone Tanah & SMPN 2 TNS Kabupaten Maluku Tengah  mengikuti ujian kenaikan tingkat sabuk turun Kyu semester ganjil di Balai Negeri Nakupia, minggu (28/05/2017). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) Cabang Maluku Tengah, setelah para karateka sekitar 6 bulan terakhir ini mengikuti kegiatan latihan.

Sensei Peter Pasanea selaku Ketua MSA sekaligus Plt. Ketua Lemkari Cabang Kabupaten Maluku Tengah mengatakan “Dengan adanya kegiatan ini, bisa memotivasi para karateka untuk meningkatkan prestasi, yang pasti karate ini adalah kegiatan olahraga, bukan untuk gagah-gagahan. Olahraga karate ini untuk membentuk jiwa yang tangguh, berkarakter, disiplin, sehat jasmani dan rohani, dan saya berharap nanti olahraga ini dapat terus berkembang di Kabupaten Maluku Tengah”

Sensei Peter berharap olahraga karate khususnya di Lemkari ini dapat terus berkembang di Kabupaten Maluku Tengah, melalui kegiatan ekstra kurikuker yang diselenggarakan di sekolah-sekolah, untuk itu sangat dibutuhkan perhatian dan pendampingan dari Dinas terkait, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tengah, juga KONI Maluku Tengah agar selalu ada peningkatan prestasi Atlit Karate Maluku Tengah.

Dan dalam waktu dekat ini karatreka Lemkari Cabang Maluku Tengah akan mengikuti kejuaraan O2SN Tingkat SD, SMP dan SMA. Bulan Juli akan mengikuti Liga Karate di Ambon, Bulan Agustus akan mengikuti Kejuaraan BKC Open Internasional Championship di Batam dan Kejurnas-kejurnas lainnya.

“Kita berharap kedepan peminat karate ini dapat lebih banyak lagi. Bila perlu disetiap sekolah ada ekskul karate”, ungkap Sensei.

Ia menambahkan, “sekarang ini jumlah karateka yang bergabung di Lemkari Kabupaten Maluku Tengah sebanyak kurang lebih 900 orang. Mereka tersebar di 14 ranting dan sebagian besar adalah para pelajar mulai dari TK (Taman Kanak-Kanak) hingga mahasiswa.

(A.S)