image_print

Pembalap Sepeda dari 20 Negara Berlomba di Tour de Molvccas 2017

 

John Putinella, Jery Tanamal, Arlles Syauta, Richard Wattimury

Disparporamalteng.com – 18/09/2017, 02:40 WIB

   

Masohi,disparporamalteng.com – Sekitar 70 pebalap sepeda dari 20 negara mengikuti lomba balap sepeda internasional Tour de Moluccas di Provinsi Maluku.

Lomba balap sepeda internasional berbasis pariwisata ini secara resmi akan dibuka Menteri Pariwisata RI Arif Yahya dan Gubernur Maluku, Said Assagaff di Kota Ambon pada Minggu (17/9/2017) malam.

Ketua Pelaksana Tour de Moluccas, Habiba Saimima mengatakan, sejauh ini tercatat 14 tim dari 20 negara telah mengirimkan atletnya ke Kota Ambon untuk mengikuti lomba balapan internasional tersebut.

“Pebalap dari 20 negara yang akan mengikuti lomba tersebut, enam negara adalah perwakilan dari benua Asia dan 14 negara dari benua Eropa,” kata Saimima kepada wartawan dalam konfrensi pers di Ambon, Sabtu (16/9/2017) petang.

Baca: Tour de Moluccas 2017, Balap Sepeda Berbasis Pariwisata

Dia menjelaskan, dalam ajang ini para pebalap akan melalui lima etape yang berjarak total 714 kilometer.

Lokasi balapan berada di tiga kabupaten di Pulau Seram dan Kota Ambon yang merupakan etape terakhir.

“Jadi perlu diketahui bahwa ajang ini tidak hanya berlangsung di Kota Ambon tapi juga di Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku ini menjelaskan para pebalap akan memulai etape pertama dari Kota Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat dan etape terakhir akan dipusatkan di Kota Ambon.

“Ajang ini bukan hanya sekedar ajang balapan tapi juga untuk mempromosikan pariwisata Maluku,” ujarnya.

Pada hari ini (Senin, 18 September 2017) pukul 01.02 WIT Start Etape I dimulai dari Kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB), sekitar 12 KM dari total rute Etape 1 para pembalap sudah menghadapi tanjakan di ketinggian 321 mdpl. Pembalap akan menghadapi tanjakan kategori 3 (menengah). Usai tanjakan di Km 19,7 atau tepatnya di Desa Kamal Pembalap akan memasuki Zona Sprint 1, disusul Zona Sprint 2 di kawasan Waimital dan di Km 113,8 tepatnya di Dusun Pohon Batu peserta menghadapi tanjakan namun hanya kategori 4 (rendah). Selanjutnya terhitung Km 125,2 para pembalap akan memasuki Zona Sprint 3 tepatnya dari Sahulauw hingga berakhir di Masohi

Suasana Kota Masohi Menyambut para Pembalap Tour de Molvccas…

 

Suasana Media Center Tour de Molvccas Kabupaten Maluku Tengah…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumentasi Pembalap Mendekati Finish Etape 1 Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah…


 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *