Kecamatan Amahai

Kecamatan Amahai yang berada pada salah satu pintu masuk ke Kabupaten Maluku Tengah, juga memiliki potensi pariwisata yang handal. Potensi tersebut meliputi wisata budaya, wisata sejarah,  maupun wisata alam. Letak Kecamatan Amahai 5 Km2 dari Masohi.Luas wilayahnya 1619,07 Km2 dengan memiliki 15 Negeri. Akses ke Pusat kecamatan, menggunakan kenderaan roda dua carteran Rp.5.000,-/orang maupun angkot dengan tarif  Rp.5.000,/orang.  Sebagai pintu masuk ke Kabupaten Maluku Tengah, maka tersedia sarana pelabuhan laut / pelabuhan transit antar pulau.

  1. Pantai Kuako

Pantai Kuako merupakan objek wisata bahari, pantai ini merupakan  tujuan wisata yang  banyak dikunjungi setiap akhir pekan. Daya tarik objek wisatanya yaitu pasir putih bercampur  kerikil dan pepohonan rindang sepanjang pantai, juga tersedia sarana payung pantai, kafetaria,  ruang ganti, serta MCK. Penduduk di sekitar lokasi pantai mengais rejeki di sana dengan berjualan bermacam-macam jajanan dan makanan serta buah-buahan segar.

Untuk mencapai lokasi objek, dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang dapat disewakan dengan tarif yang terjangkau.

Jarak objek wisata dari Ibu Kota Kota Kabupaten 5 Km, sedangkan jarak dari Ibu Kota Kecamatan (Amahai) mencapai jarak 1 Km. Aktivitas pada objek wisata ini sangat variatif seperti menyelam, berenang, berperahu, memancing, berjemur dan aktivitas lainnya. View Of Point yang sangat menyenangkan seperti deburan Ombak, jernihnya air serta sejuknya udara pantai, disamping itu sarana pelayaran seperti perahu nelayan,  kapal cepat, maupun speed boat  dari dan ke Amahai -Tulehu dapat menjadi tontonan menarik.

   2. Wisata Mangrove Amahai

Tempat ini memiliki keindahan alami yang sangat menarik. Ditumbuhi beberapa jenis           tanaman mangrove.  Terdapat   jembatan kayu sepanjang hutan   tersebut dan ujungnya mengarah ke laut. Tempat ini biasanya digunakan untuk beristirahat sambil menikmati sejuknya udara.

 

3. Pantai Rutah

Pantai Rutah juga merupakan pilihan lain selain Pantai Kuako di Negeri Amahai-Soahuku. Terletak di desa Rutah kurang lebih 3 Km dari Amahai. Pantai ini memiliki pasir putih sepanjang  (500 m2). Air yang jernih serta pasir yang putih bersih, menarik untuk dikunjungi.  Sarana pada  objek   wisata potensial  ini tengah dikembangkan guna menambah kehadiran pengunjung. Objek ini telah memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat sekitar, dimana jajanan dapat ditawarkan oleh masyarakat, seperti buahbuahan segar. Pengunjung dapat memancing, berenang, berjemur bahkan dapat menikmati ikan bakar/ikan asap yang  masih segar dari hasil tangkapan masyarakat           nelayan,   yang memanfaatkan   peluang kehadiran  pengunjung  untu mengais rezeki.

 

4. Pantai Talaga Lata Tamilouw

 

 

5. Goa Akohy – Tamilouw

 

Goa  Akohy  terletak  Negeri Tamilouw. Kunjungan ke objek alam ini sangat diminati oleh wisatawan Manca Negara. Daya tarik objek terletak pada stalaktit dan stalaKm2itnya, serta lantai dasar gua yang berkilauan bagaikan kristal- kristal serta pilar-pilar crystal yang menyala/bersinar. Pembentukan stalaktit dan stalakmit ini beratus tahun yang lalu, bahkan terbentuk dari endapan batu kapur.

Bagi pengunjung yang berminat ke lokasi objek, dapat menempuh perjalanan dari pusat Kota Kecamatan sejauh 40 Km2. Upaya Pemerintah untuk menjadikan objek alam gua akohy sebagai aset wisata telah dilakukan. Hal ini nyata dengan dibuatnya penutup mulut gua maupun fasilitas penerangan jika pengunjung ingin menelusuri dalamnya gua. Guna melestarikan objek gua akohy, telah ditempatkan petugas khusus untuk menangani kebutuhan pengunjung ketika berkunjung ke sana.

 

Sarana Akomodasi :

https://www.scribd.com/document/323913492/Pentunjuk-Hotel-Penginapan-di-Kec-Amahai