image_print

Kecamatan Salahutu dengan ibukotanya Tulehu, yang Luas Wilayahnya 151,82 km2 terletak di bagian timur Pulau Ambon dengan 6 buah Negeri. Kecamatan ini memiliki daya tarik wisata  yang cukup potensial. Diantaranya wisata budaya, wisata alam dan wisata bahari. Akses ke Pusat kecamatan, menggunakan kenderaan roda dua carteran Rp.10.000,-/orang maupun angkot dengan tarif  Rp.10.000,/orang.  Sebagai pintu masuk ke Kabupaten Maluku Tengah, maka tersedia sarana pelabuhan laut / pelabuhan transit antar pulau.

 

1.  Pantai Natsepa

Pantai Natsepa  yang terletak di Desa/Negeri Suli r dan        berhadapan     langsung dengan Teluk Ambon Baguala. Lokasi objek ini dapat dijangkau dengan menggunakan angkutan darat (kendaraan umum, taxi, ojek) dengan menempuh jarak 14 Km2 dari Kota Ambon. Pantai yang landai dengan hamparan pasir putih sangat menarik untuk berekreasi.  Berbagai aktivitas rekreasi dapat dilakukan seperti berenang, snorkling, berperahu, selam serta berjemur di terik matahari, bahkan dapat juga melakukan selancar angin. Terdapat pula taman laut yang terdiri atas kumpulan bunga karang yang terpencar dan berwarna ungu, cokelat berbintik-bintik hitam serta berbentuk corong dan biota laut lainnya . Selain itu, makanan ringan yang sangat terkenal yaitu Rujak Suli serta jajanan ringan lainnya.Pengunjung sangat berminat mencicipi rujak tersebut karena rasanya yang sangat khas.

16

rujak natsepa

 

2. Waitatiri Water Boom

Waitatiri Water Boom terletak di Jln. Raya Waitatiri – Suli Kabupaten Maluku Tengah (arah menuju Pantai Natysepa). merupakan icon baru wisata air bagi masyarakat.

Waterboom Waitatiri merupakan sarana permainan di ruang terbuka (outdoor) berbasis kolam renang. Dimana di atas kolam terdapat papan luncur yang cukup besar, untuk orang dewasa sekalipun bisa menggunakannya.

Sekedar tahu, Waterboom dibuka untuk masyarakat mulai pukul 11:00 Wit hingga pukul 20:00 Wit. Tapi kadang pengunjung masih mau menikmati arena bermain ini hingga larut malam dan akhirnya pihak pengelola sering memberikan tambahan waktu kepada pengunjung.

Yang menarik dari tempat rekreasi seluas 2 Hektar ini, yaitu lokasi keberadaannya di kawasan pantai Waitatiri, Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Dengan pemandangan pantai yang indah pengunjung tidak hanya dihibur oleh sarana waterboom.

 

 

 

3.  Pantai Pasir Panjang

Objek Wisata Pasir Panjang terletak di desa Tial. Objek ini  memiliki karakteristik atas hamparan pasir yang luas sepanjang pantai dibawah pepohonan yang rindang, memberikan suasana yang sejuk. Taman lautnya yang indah serta susunan batu karang terhampar indah yang berwarna-warni. Namun sayang sekarang pantai ini di pergunakan oleh nelayan  ikan Tuna untuk membersihkan jaring, sehingga membuat pantai menjadi kotor dengan bau anyir ikan.  Kunjungan ke lokasi tersebut terutama pada hari libur atau akhir pekan untuk berekreasi.

 

 

4. Pantai Batu Kuda

2014-10-15 10.49.49.jpg

Pantai Batu Kuda adalah sebuah objek menarik lainnya, yang telah difasilitasi dengan sebuah rumah jaga, Musholah dan tempat santai yang dikelilingi pohon-pohon yang memberikan suasana yang nyaman. Di tempat ini kita dapat menyaksikan pemandangan alam dan laut.  Selain itu terdapat juga lapisan batuan memanjang ke laut dengan sebuah batu besar yang jelas terlihat seperti seekor kuda yang sedang berdiri.

 

5.  Air Panas Hatuasa

Air Panas Hatuasa terletak di desa Tulehu. Jaraknya 3 km2 dari desa. Air panasnya konon dapat menyembuhkan penyakit kulit dan reumatik.Pada tempat pemandian ini terdapat sarana penunjang objek berupa  ruang ganti, WC, kantin, payung /shelter, dan Musolah. Tarif masuk perorang sebesar Rp. 5000,-

20140422_114753

 

6.  Kolam Wailatu

Kolam Wailatu terletak di desa Tulehu, merupakan  kolam air tawar yang  didalamnya hidup belut (morea) berdampingan dengan ikan-ikan.Belut-belut  tersebut merupakan tontonan menarik bagi para pengunjung yang menikmati sejuknya air kolam. Masyarakat setempat memanfaatkan air kolam tersebut untuk kebutuhan air bersih, maupun mencuci dan mandi. Rindangnya pepohonan yang yang tumbuh di sekeliling kolam menjadikan udara semakin sejuk, sehingga pengunjung akan menikmati kepuasan dengan suasana alam tersebut.

 

7.  Kolam Morea Waiselaka

Di Desa  Waai  terdapat sebuah kolam air tawar yang didalamnya hidup belut yang unik yakni Kolam Ikan Moa (Moria) Waiselaka. Jarak lokasi objek ini 3 KmKolam Morea dari Desa Tulehu, menuju arah utara pulau Ambon, dan 30 Km dari Kota Ambon. Belut maupun ikan yang hidup pada kolam tersebut dianggap keramat oleh masyarakat,  Belut  akan menampakkan dirinya kepada pengunjung, apabila di panggil oleh pawangnya dengan menyuguhi telur mentah kepadanya setiap dua hari  sekali., sementara ikan- ikan lainnya hidup bebas di dalam air.

 

 

8.  Air Terjun Waitasoi

terletak di Negeri Waai, kurang lebih 1,5 Km dari Negeri Waai di dalam hutan, sehingga suasana di sekeliling air terjun ini sangat sejuk dan nyaman karena terletak dibawah pohon – pohon yang rindang. Objek wisata alam ini sangat indah dan terdapat tiga buah ai terjun yang saling berhubungan. Kondisinya sampai saat ini masih sangat natural.Masyarakat desa waai sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak untuk dapat mengembangkan tempat ini.

air terju wai 2air terjun wai 1